Perbedaan OS 32-bit dan 64-bit

Ketika akan mendownload OS (Windows) mungkin anda pernah mengalami sedikit bingung, karena ada OS 32-bit dan 64-bit. Lalu mana yang harus dipilih dan cocok dengan Laptop atau komputer yang anda miliki? Selain itu mungkin juga anda sedikit bingung apa sih bedanya antara Windows 32-bit  dengan Windows 64-bit? Inilah pertanyaan umum yang sering muncul.

>> Apa sih keuntungan menjalankan Windows 64-bit  dibandingkan Windows 32-bit?
Jika anda sering bekerja dengan ukuran file yang besar-besar  dan memakan memori yang banyak (misal video editing) tentu saja Windows 64-bit akan menjadi pilihan yang terbaik karena akan memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows 32-bit. Seperti kita ketahui Windows 64-bit telah mensupport  memori sampai 192GB, sedangkan Windows 32-bit hanya 4GB untuk performa maksimum.  Keuntungan lain dari Windows 64-bit adalah dari segi keamanan, lebih aman dibandingkan Windows 32-bit, karena driver Windows 64-bit harus benar-benar tersertifikasi oleh vendor si pembuat hardware, jadi sangat sulit untuk disusupi oleh program jahat.


>> Apakah Laptop atau komputer saya bisa menjalankan Windows 64-bit?
Kalau anda baru membeli komputer sebuah komputer dengan teknologi terbaru dan terkini pada umumnya telah support dan mampu menjalankan Windows 64-bit, Kecuali jika prosesor yang anda gunakan merupakan prosesor yang lowend misal Laptop dengan Prosesor Intel Atom atau Intel Core Duo ke bawah. Namun jika anda menggunakan prosesor sekelas Intel Core 2 Duo maka bisa dipastikan bahwa komputer anda mampu dan bisa menjalankan Windows versi 64-bit. Jika anda masih ragu-ragu ada baiknya guna program  Prosesor Identifikasi dari Intel untuk mengetahui apakah prosesor anda telah suppport Windows 64-bit  atau  tidak.

>> Bagaimana dengan Hardware lainnya misal Soundcard atau LAN Card?
Lihat tahun pembuatan dari hardware anda, apabila dibuat setelah adanya Windows Vista (3 tahun ke belakang) maka sudah bisa dipastikan hardware memang telah support Windows 64-bit, namun jika hardware yang anda pakai dibuat pada tahun-tahun sebelum Windows Vista hadir (misal tahun 2004 ke bawah), anda baiknya anda cek website dan vendor si pembuat hardware tersebut untuk mengetahui ada tidaknya driver untuk mensupport Windows 64-bit.

>>Apakah Driver untuk Windows 32-bit  bisa digunakan untuk Windows 64-bit
Jawabannya jelas sekali, Tidak. Windows 32-bit  mempunyai struktur yang berbeda Windows 64-bit.

>> Lalu bagaimana bila saya telah terlanjur menginstal Windows 64-bit sedangkan driver dari hardware yang saya miliki untuk Windows 32-bit?
Jangan kuatir dengan menggunakan Windows XP Mode (Virtual Mechine) di Windows anda bisa menggunakan driver Windows 32-bit meski komputer anda telah terinstal Windows 64-bit

>> Bisakah saya menjalankan program Windows 32-bit di Windows 64-bit?
Dengan adanya teknologi WOW alias Win 32 on Win64 di Windows tentu saja anda masih bisa menjalankan program Windows 32-bit di Windows 64-bit

>> Apakah bisa mengupgrade Windows 32-bit ke Windows 64-bit?

TIDAK. Untuk menginstall Windows 64-bit dari Windows 32-bit anda harus melakukan Installasi penuh alias tidak bisa mengupgrade langsung Windows 32-bit ke Windows 64-bit.



  • Windows XP
    Klik kanan My Computer pada desktop kemudian pilih Properties (atau dari Control Panel System). Pada tab General perhatikan pada bagian System, untuk Windows XP 32-bit akan tertulis seperti  Microsoft Windows XP Professional, sedang untuk Windows XP 64-bit akan tertulis seperti  Microsoft Windows XP Professional x64 Edition. Jadi jika Windows XP 64-bit ada tambahan keterangan x64 Edition.
  • Windows Vista
    Masuk ke Control PanelSystem dan lihat informasi System type di bawah System, untuk Windows Vista 32-bit akan tertulis keterangan 32-bit Operating System, sedangkan untuk Windows Vista 64-bit akan tertulis keterangan 64-bit Operating System.
  • Windows Server 2003 Masuk ke Control Panel System, pada tab General perhatikan pada bagian System, untuk Windows Server 2003 32-bit akan tertulis seperti  Microsoft Windows Server 2003 Standard Edition, sedang untuk Windows XP 64-bit akan tertulis Microsoft Windows Server 2003 Standard x64 Edition. Jadi sama seperti Windows XP, untuk Windows Server 2003 ada tambahan keterangan x64 Edition.
  • Windows7
    Klik kanan My Computer pada desktop kemudian pilih Properties. Dan lihat informasi tentang Windows 7, Apakah 32-bit atau 64-bit.

2 comments: