Mengaktifkan .NET Framework 3.5 di Windows 8 | Offline



Pada kesempatan kali ini saya mau membagikan sedikit pengalaman saya di Windows 8, seperti kita ketahui di Windows 8 memang hanya ada NET Framework 4, sedangkan masih banyak program yang membutuhkan naungan NET Framework 3.5. Untuk yang punya koneksi lancar mungkin bisa mendownloadnya, tapi bagi yang koneksinya lelet bisa ikuti cara dibawah ini.



ternyata yang kita butuhkan hanyalah DVD atau Installer Windows 8 itu sendiri, karena di dalam Installer Windows 8 sebenarnya sudah ada NET Framework 3.5-nya, tapi tidak terinstal secara otomatis.

Langkah 1
Masukan DVD Installer Windows 8 ke DVD Drive Komputer atau Laptop kamu, untuk yang menggunakan Bootable ISO silahkan di Mount dulu menggunakan PowerISO atau Deamon Tools.


Langkah 2
Kemudian buka folder "sources", lalu cari folder "sxs". Copy-kan folder "sxs" ke dalam Local Disk C: kamu.


Langkah 3
Paste di Local Disk C:, Kemudian ubah nama folder tersebut dari "sxs" menjadi "net".


Langkah 4
Sekarang buka Command Prompt (cmd.exe), Bisa dicari disini (C:\Windows\System32\cmd.exe) jalankan dengan cara RUN AS ADMINISTRATOR. Dan setelah terbuka, secara Default path cmd akan mengarah ke C:\Users\Nama Pengguna, sekarang kita ubah agar path hanya mengarah ke C:\. Ketikan 'cd\' seperti gambar dibawah, kemudian ENTER.


Langkah 5
Jika sudah, ketikan Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\net /LimitAccess di Command Prompt tadi. Perhatikan huruf besar, spasi dan path NET Framework yang tadi di Copy.


Langkah 6
Kemudian tekan Enter, Jika semua tahap dilakukan dengan benar, maka proses Instalasi NET Framework 3.5 akan berjalan. Tunggu sampai 100%, jika sudah silahkan Restart Komputer atau Laptopnya.


Sekarang NET Framework 3.5 sudah terinstal di Windows 8 kamu.

Semoga Bermanfaat ^_^



No comments:

Post a Comment